ARTIKEL

AGAR ANAK BERTAMBAH NAFSU MAKAN

Friday, 29 August 2014

SHARE      

Agar  Anak Bertambah Nafsu Makan

Anak susah makan jangan dianggap sepele. Masalah ini sering dihadapi dan dikeluhkan orang tua terutama para ibu. Bahkan tak jarang para ibu merasa stres ketika menghadapi buah hatinya hanya menggeleng saat disuruh makan.

Anak yang susah makan dapat mengganggu kecukupan nutrisi dan gizinya yang bisa mengakibatkan pertumbuhan & perkembangan si kecil tidak optimal, daya tahan tubuhnya berkurang dan rentan terkena penyakit.

Karena itu Moms, sebagai orang tua kita harus jeli dan cermat mengamati kecenderungan buah hati kita. Ketika si kecil mulai susah makan, maka kita dapat mencari tahu kira-kira apa yang menyebabkanya, misalnya apa si kecil sedang tidak enak badan? Apa ada kesalahan dengan pola makannya? Bila Moms tahu penyebabnya, maka penanganannya akan lebih mudah.

Banyak cara untuk mengatasi anak susah makan. Berikut ini beberapa tips yang Moms bisa coba agar anak bertambah nafsu makannya.

  • Buat variasi makanan - Cobalah buat beberapa pilihan menu makanan dengan variasi baru dan biarkan si kecil memilih yang dia sukai. Biasanya anak akan menyukai sesuatu yang baru dan belum pernah dirasakannya.
  • Sajikan dengan menarik - Sajikan makanan dengan tampilan menarik dan unik, misalnya mencetak nasi goreng dalam cetakan berbentuk karakter kartun seperti Teddy Bear, Hello Kity.
  • Sajikan dalam porsi kecil - Berikan makanan sedikit demi sedikit karena lambung si kecil belum mampu menampung banyak makanan. Jika anak sanggup menghabiskan, berikan pujian.
  • Jadikan saat makan menyenangkan - Ciptakan suasana gembira dan santai. Bila Moms memiliki waktu luang ada baiknya memberi makan sambil bercerita/ mendongeng.
  • Waktu makan teratur - Jadwalkan waktu makan dengan teratur, agar si kecil terbiasa dengan waktu makannya. Seperti halnya dengan waktu mandi, bermain, tidur, dan lain-lain.
  • Gunakan perangkat makan yang lucu - Berikan si kecil alat makan seperti sendok, garpu, piring, dan mangkok plastik yang bergambar karakter tokoh kartun kesukaannya. Hal ini dapat membuatnya gembira dan menambah semangat untuk makan.

Moms di samping tips-tips di atas, ada beberapa hal yang sebaiknya dihindari saat si kecil sedang makan.

  • Jangan mengajarkan si kecil untuk makan sambil bermain dengan mainannya atau nonton TV/ video, karena kegiatan ini anak menjadi tidak focus kepada makanan dan bisa mengurangi minat anak pada makanan.
  • Jangan biasakan memberi si kecil iming-iming hadiah jika mau makan, karena dikhawatirkan membentuk mindset jika makan maka akan mendapat hadiah dan jika tidak makan, makan tidak akan dapat hadiah.
  • Hindari paksaan, hukuman atau menakut-nakuti anak agar mau makan lebih banyak. Biarkan si kecil makan seberapa banyak yang ingin mereka makan.

Moms seperti dijelaskan di atas, si kecil bisa kehilangan nafsu makan bila sedang tidak enak badan, misalnya terkena sakit panas. Bila itu terjadi, segera berikan bodrexin yang efektif turunkan panas anak. Dengan rasa jeruk memudahkan Moms memberikan bodrexin pada si kecil. Jika si kecil telah pulih kesehatannya, maka nafsu makannya pun akan muncul lagi. Dan si kecil pun kembali riang dan aktif lagi.

  BACA JUGA

Mengintip Manfaat Kandungan bodrexin Untuk Meringankan Flu dan Batuk Anak

Memilih obat flu dan batuk untuk anak bukanlah hal yang bisa dilakukan dengan sembarangan. Hal utama yang harus Bunda perhatikan adalah kandungan bahan yang ada di dalamnya.

Artikel16/11/2020

Bunda, Yuk Bedakan Antara Sakit Pilek dan Flu Serta Batuk Biasa dengan yang Terpapar COVID-19

penting sekali untuk bedakan antara sakit pilek dan flu serta batuk biasa dengan yang terpapar COVID-19. Apa saja, ya?

Artikel26/10/2020

Solusi Saat Buah Hati Terserang Flu dan Batuk

Selain dengan berbagi informasi dengan saudara, teman, dan mengonsultasikannya langsung dengan dokter, simak beberapa tips yang juga bisa Bunda lakukan berikut ini.

Artikel21/10/2020