ARTIKEL

AGAR ANAK BERTAMBAH NAFSU MAKAN

Friday, 29 August 2014

Agar  Anak Bertambah Nafsu Makan

Anak susah makan jangan dianggap sepele. Masalah ini sering dihadapi dan dikeluhkan orang tua terutama para ibu. Bahkan tak jarang para ibu merasa stres ketika menghadapi buah hatinya hanya menggeleng saat disuruh makan.

Anak yang susah makan dapat mengganggu kecukupan nutrisi dan gizinya yang bisa mengakibatkan pertumbuhan & perkembangan si kecil tidak optimal, daya tahan tubuhnya berkurang dan rentan terkena penyakit.

Karena itu Moms, sebagai orang tua kita harus jeli dan cermat mengamati kecenderungan buah hati kita. Ketika si kecil mulai susah makan, maka kita dapat mencari tahu kira-kira apa yang menyebabkanya, misalnya apa si kecil sedang tidak enak badan? Apa ada kesalahan dengan pola makannya? Bila Moms tahu penyebabnya, maka penanganannya akan lebih mudah.

Banyak cara untuk mengatasi anak susah makan. Berikut ini beberapa tips yang Moms bisa coba agar anak bertambah nafsu makannya.

  • Buat variasi makanan - Cobalah buat beberapa pilihan menu makanan dengan variasi baru dan biarkan si kecil memilih yang dia sukai. Biasanya anak akan menyukai sesuatu yang baru dan belum pernah dirasakannya.
  • Sajikan dengan menarik - Sajikan makanan dengan tampilan menarik dan unik, misalnya mencetak nasi goreng dalam cetakan berbentuk karakter kartun seperti Teddy Bear, Hello Kity.
  • Sajikan dalam porsi kecil - Berikan makanan sedikit demi sedikit karena lambung si kecil belum mampu menampung banyak makanan. Jika anak sanggup menghabiskan, berikan pujian.
  • Jadikan saat makan menyenangkan - Ciptakan suasana gembira dan santai. Bila Moms memiliki waktu luang ada baiknya memberi makan sambil bercerita/ mendongeng.
  • Waktu makan teratur - Jadwalkan waktu makan dengan teratur, agar si kecil terbiasa dengan waktu makannya. Seperti halnya dengan waktu mandi, bermain, tidur, dan lain-lain.
  • Gunakan perangkat makan yang lucu - Berikan si kecil alat makan seperti sendok, garpu, piring, dan mangkok plastik yang bergambar karakter tokoh kartun kesukaannya. Hal ini dapat membuatnya gembira dan menambah semangat untuk makan.

Moms di samping tips-tips di atas, ada beberapa hal yang sebaiknya dihindari saat si kecil sedang makan.

  • Jangan mengajarkan si kecil untuk makan sambil bermain dengan mainannya atau nonton TV/ video, karena kegiatan ini anak menjadi tidak focus kepada makanan dan bisa mengurangi minat anak pada makanan.
  • Jangan biasakan memberi si kecil iming-iming hadiah jika mau makan, karena dikhawatirkan membentuk mindset jika makan maka akan mendapat hadiah dan jika tidak makan, makan tidak akan dapat hadiah.
  • Hindari paksaan, hukuman atau menakut-nakuti anak agar mau makan lebih banyak. Biarkan si kecil makan seberapa banyak yang ingin mereka makan.

Moms seperti dijelaskan di atas, si kecil bisa kehilangan nafsu makan bila sedang tidak enak badan, misalnya terkena sakit panas. Bila itu terjadi, segera berikan bodrexin yang efektif turunkan panas anak. Dengan rasa jeruk memudahkan Moms memberikan bodrexin pada si kecil. Jika si kecil telah pulih kesehatannya, maka nafsu makannya pun akan muncul lagi. Dan si kecil pun kembali riang dan aktif lagi.

  BACA JUGA

Cara Meredakan Demam Saat Anak Tumbuh Gigi

Bagaimana cara meredakan demam saat anak tumbuh gigi? Ada dua alasan utama mengapa tumbuh gigi dan infeksi terjadi pada waktu yang sama.

Artikel13/03/2023

Cara Mengatasi Anak Flu Batuk Saat Nafsu Makannya Menurun

Tak hanya terjadi pada orang dewasa, flu dan batuk yang dialami oleh anak-anak juga bisa membuat nafsu makannya menurun. Yuk lihat beberapa cara mengatasi anak flu batuk saat nafsu makannya menurun berikut ini.

Artikel29/11/2022

Bebas Ribet, Ini Dia Cara Alami Mengatasi Anak Flu Batuk yang Bisa Moms Lakukan di Rumah

Flu dan batuk menjadi penyakit yang paling banyak dialami oleh anak-anak. Pengetahuan mengenai cara mengatasi anak flu batuk di rumah secara sederhana dan alami berikut ini tentu sangat diperlukan.

Artikel08/08/2022