ARTIKEL

TIPS MERINGANKAN FLU DAN BATUK PADA ANAK AGAR TETAP NYAMAN BERAKTIVITAS SAAT #DIRUMAHAJA

Thursday, 16 April 2020

Tips Meringankan Flu dan Batuk Pada Anak Agar Tetap Nyaman Beraktivitas Saat #dirumahaja

Di tengah pandemik COVID-19 yang semakin meningkat belakangan ini, penyakit seperti flu dan batuk pada anak tentu menjadi hal yang cukup mengkhawatirkan bagi kebanyakan orang tua. Namun tak perlu khawatir Moms, selama Si Kecil tidak berinteraksi dengan banyak orang dan tetap #dirumahaja selama masa karantina, keluhan flu dan batuk merupakan hal yang wajar terjadi akibat sistem kekebalan tubuh anak yang belum sempurna hingga usianya mencapai tujuh tahun. Singkirkan rasa panik, yuk simak beberapa tips meringankan flu dan batuk pada anak agar mereka tetap nyaman beraktivitas berikut ini.

Menjaga Kelembapan Udara di Rumah

Flu atau influenza merupakan infeksi virus yang menyerang sistem pernapasan, seperti hidung, tenggorokan, dan paru-paru yang kemunculannya ditandai dengan gejala seperti demam, sakit kepala, batuk, dan rasa sakit pada tenggorokan yang menyebabkan Si Kecil menjadi rewel dan kehilangan nafsu makan. Sama halnya dengan flu, batuk juga banyak menyerang sistem pernapasan anak dan bisa menimbulkan rasa tidak nyaman karena nafas yang terganggu akibat dahak.

Virus ini biasanya muncul salah satunya akibat ruangan yang terlalu lembap, kondisi yang memungkinkan virus dan bakteri untuk berkembang biak dengan pesat. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk selalu menjaga kelembapan udara di rumah, terutama kamar Si Kecil. Caranya adalah dengan membuka jendela agar sirkulasi udara berjalan lancar atau bisa juga dengan memasang difuser, terutama saat perubahan cuaca.

Memastikan Si Kecil Memiliki Waktu Istirahat yang Cukup

Tips meringankan flu dan batuk pada anak selanjutnya adalah memastikan bahwa Si Kecil memiliki waktu istirahat yang cukup setiap harinya, terutama saat sakit. Tidur yang cukup inilah yang bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh pada anak dan membantu proses pemulihan agar berjalan lebih cepat. Selain itu, penting juga untuk membatasi waktu bermain pada anak saat mereka sedang sakit ya, Moms.

Mencukupi Kebutuhan Air Minum Si Kecil

Sakit tenggorokan yang terjadi pada saat flu dan batuk disebabkan oleh virus yang menempel pada dinding tenggorokan. Cara mengatasinya adalah dengan memastikan anak selalu minum air putih hangat yang cukup setiap harinya. Tujuannya adalah agar virus tidak dapat berkembang biak dan mendorongnya ke lambung untuk kemudian dikeluarkan melalui kotoran dan keringat. Tak hanya itu, mencukupi kebutuhan air minum saat flu dan batuk juga bisa membantu melegakan tenggorokan akibat dahak yang muncul dan mencegah terjadinya dehidrasi.

Mengajak Anak untuk Rajin Mencuci Tangan

Selain udara yang lembap, virus juga bisa masuk ke dalam tubuh melalui perantara tangan dan mulut. Untuk itu, penting juga untuk mengajak anak agar rajin mencuci tangannya menggunakan sabun di bawah air mengalir dan tidak sembarangan menyentuh wajahnya setelah beraktivitas atau menyentuh berbagai benda untuk mencegah masuknya virus ke dalam tubuh. Pastikan juga untuk memakaikan masker pada Si Kecil saat flu dan batuk agar tidak menular pada anggota keluarga lainnya ya, Moms.

Memberikan Obat Flu dan Batuk Khusus Anak-anak

Selain dengan melakukan beberapa hal di atas, tips meringankan flu dan batuk pada anak selanjutnya adalah dengan memberikan obat flu dan batuk khusus untuk anak-anak seperti bodrexin Flu & Batuk PE untuk meringankan gejala flu yang disertai batuk berdahak atau bodrexin Flu & Batuk Tidak Berdahak PE jika batuk Si Kecil tidak berdahak.

Kandungan Phenylephrine (PE) inilah yang dapat meringankan hidung tersumbat dan aman untuk lambung anak-anak. Tak hanya itu, bodrexin Flu & Batuk PE dan bodrexin Flu & Batuk Tidak Berdahak PE juga hadir dalam kemasan botol sirup rasa jeruk yang disukai anak, sehingga momen minum obat Si Kecil menjadi lebih menyenangkan.

Jangan lupa untuk selalu menyediakan kedua obat flu dan batuk ini dalam persediaan obat di rumah dan selalu membaca cara pemberian obat yang tertera pada kemasan produk sebelum memberikannya pada Si Kecil ya, Moms. Dengan begini, tak perlu lagi merasa panik saat Si Kecil sakit, bukan?

Agar tak ada lagi rasa panik dan bingung selama physical distancing, yuk penuhi kebutuhan kesehatan Si Kecil dengan membeli Paket Anak bodrexin yang tersedia di Blibli Tempo Store Official.

Source: Halodoc

  BACA JUGA

Musim Kemarau Tiba, Mengapa Banyak Anak Alami Flu dan Batuk?

Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa banyak anak mengalami flu dan batuk ketika musim kemarau tiba.

Artikel09/08/2023

Anak Bolak-balik Flu? Waspadai Penularan Flu dalam Rumah!

Ada beberapa alasan mengapa penularan flu sering terjadi di dalam rumah. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat membantu mencegah penularan flu di dalam rumah:

Artikel26/07/2023

Perhatikan 4 Hal Ini untuk Membedakan Flu dan Pilek Alergi pada Anak!

Membedakan antara flu dan pilek alergi pada anak dapat membantu orang tua dalam memberikan penanganan yang tepat. Berikut ini adalah 4 hal yang perlu diperhatikan

Artikel16/06/2023