ARTIKEL

SOLUSI SAAT BUAH HATI TERSERANG FLU DAN BATUK KETIKA ANAK BELAJAR BERPUASA

Wednesday, 13 May 2020

SHARE      

Solusi Saat Buah Hati Terserang Flu dan Batuk Ketika Anak Belajar Berpuasa

Moms, seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa berpuasa menahan lapar dan haus selama bulan Ramadan memiliki dampak yang sangat baik bagi tubuh manusia. Tak hanya bagi orang dewasa, hal ini juga berlaku untuk anak-anak. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk mulai mengajak anak untuk belajar berpuasa sejak dini. Namun, tentunya dengan memerhatikan kemampuan Si Kecil, termasuk saat mereka terserang flu dan batuk ketika mulai belajar menahan rasa lapar dan haus selama bulan Ramadan. Lalu, bagaimana solusi untuk mengatasinya agar puasa Si Kecil tetap berjalan lancar?

Mengajak Anak untuk Puasa Semampunya

Solusi saat buah hati terserang flu dan batuk ketika belajar berpuasa adalah dengan tidak memaksakan mereka untuk menyelesaikan puasa hingga matahari terbenam. Hal ini mengingat kondisi tubuh Si Kecil sedang tidak dalam keadaan yang cukup sehat. Moms bisa mengajak mereka untuk setidaknya berpuasa hingga jam makan siang. Pastikan bahwa mereka mendapatkan nutrisi yang baik sehingga bisa kembali melanjutkan puasanya hingga petang dengan lebih bertenaga.

Memastikan Si Kecil Minum Air Putih yang Cukup Saat Sahur dan Berbuka

Saat flu dan batuk, anak akan cenderung kehilangan banyak cairan dalam tubuhnya, apalagi jika keluhan ini disertai dengan gejala lain seperti demam, sakit kepala, hidung tersumbat, dan bersin-bersin. Oleh karena itu, solusi selanjutnya adalah memenuhi kebutuhan air minum Si Kecil saat sahur dan berbuka puasa. Tujuannya adalah untuk menggantikan cairan yang terbuang sekaligus meningkatkan daya tahan tubuh Si Kecil sehingga proses penyembuhan bisa berjalan lebih cepat.

Memerhatikan Menu Sahur dan Berbuka Puasa

Langkah selanjutnya adalah dengan memberikan makanan yang dipercaya mampu meredakan flu dan batuk sebagai menu sahur dan berbuka puasa bagi Si Kecil. Beberapa makanan seperti sup ayam, sayuran hijau, buah-buahan (semangka, melon, jeruk) yang kaya akan vitamin C, dan minuman seperti susu bisa menjadi pilihannya. Kandungan vitamin dan mineral serta kadar air di dalamnya sangat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mempercepat proses penyembuhan Si Kecil.

Moms juga bisa mencegah minum minuman dingin serta memberikan madu untuk mengurangi rasa sakit di tenggorokan Si Kecil dan membuat tidurnya menjadi lebih nyaman di malam hari. Dengan begini, Si Kecil tetap bisa mendapatkan waktu istirahat yang cukup sehingga daya tahan tubuhnya bisa kembali seperti semula.

Memberikan Obat Flu dan Batuk yang Cocok untuk Anak

Solusi saat buah hati terserang flu dan batuk yang paling cocok untuk dilakukan ketika mereka berpuasa adalah dengan memberikan obat seperti bodrexin Flu & Batuk PE untuk meringankan gejala flu yang disertai batuk berdahak atau bodrexin Flu & Batuk Tidak Berdahak PE jika batuknya tidak berdahak. Kandungan Phenylephrine (PE) di dalamnya bekerja secara efektif meringankan hidung tersumbat. Moms bisa memberikan obat ini pada Si Kecil baik saat sahur dan buka puasa agar mereka tetap dapat menjalankan puasa dengan lancar dan nyaman.

Hadir dalam kemasan botol sirup rasa jeruk yang disukai anak, bodrexin Flu & Batuk PE dan bodrexin Flu & Batuk Tidak Berdahak PE bisa menjadi pilihan yang tepat untuk melengkapi persediaan obat anak di rumah selama menjalani social dan physical distancing #dirumahaja dan bisa dibeli melalui E-commerce kesayangan Bunda seperti Lazada, Shopee, dan Tokopedia.

Selain dengan melakukan beberapa langkah di atas, solusi saat buah hati terserang flu dan batuk yang juga tidak kalah pentingnya adalah dengan mengajak Si Kecil untuk tidak menyentuh wajah dengan tangan secara sembarangan dan juga rajin mencuci tangan dengan sabun di bawah air mengalir secara rutin, terutama setelah beraktivitas untuk mencegah masuknya virus ke dalam tubuh melalui mulut, hidung, dan mata. Segera bawa Si Kecil ke dokter jika sakit yang dirasakan semakin parah.

Yuk, bantu Si Kecil agar momen berpuasanya menjadi lebih menyenangkan, Moms!

 

Source: Hello Sehat

  BACA JUGA

Lupakan Rasa Panik, Ini Dia Pertolongan Pertama untuk Anak Demam

Pada tubuh manusia, demam terjadi sebagai reaksi alamiah tubuh dalam merespon dan melawan virus serta bakteri yang masuk. Dalam kondisi ini, saraf otak mengirimkan pesan untuk menaikkan suhu tubuh sebagai pertanda bahwa sel-sel darah putih bekerja melawan

Artikel27/07/2020

Tips Mewaspadai Flu Pada Anak dan Cara Menjelasan Covid-19 Secara Sederhana Pada Si Kecil

Pandemik COVID-19 memang sukses menimbulkan kepanikan di berbagai kalangan masyarakat. Pasalnya, fenomena inilah yang menjadi ancaman besar bagi kesehatan masyarakat luas mulai

Artikel16/05/2020

Tips Memilih Obat Batuk untuk Anak yang Cocok Selama Physical Distancing

Sebagai orangtua siaga dan waspada, memahami tips memilih obat batuk untuk anak tentu menjadi hal yang sangat penting dalam menjaga kesehatan anak selama #dirumahaja.

Artikel14/05/2020