ARTIKEL

PERLUKAH MEMBERIKAN VAKSIN FLU UNTUK BUAH HATI ?

Monday, 26 March 2018

SHARE      

Perlukah Memberikan Vaksin Flu untuk Buah Hati ?

Mungkin Moms bertanya-tanya apakah Buah Hati  Anda memerlukan vaksin flu? Sebenarnya vaksin tersebut diberikan pada balita di bawah usia 2 tahun guna menghindari infeksi virus influenza yang jika tertular akan diderita lebih parah dan cenderung menyebabkan komplikasi, dibandingkan jika diderita oleh orang dewasa. Karena alasan tersebut, pemerintah menganjurkan pemberian vaksin influenza berupa Trivalent Inactivated Influenza (TIV) pada Buah Hati  Anda, terutama dalam kisaran usia 6 bulan sampai 2 tahun. Vaksin TIV ini biasanya diberikan sekitar bulan September hingga Oktober.

Vaksin influenza yang saat ini sudah tersedia adalah vaksin untuk virus influenza A (H1N1), A (H3N2), dan virus influenza tipe B. Pemberian kedua jenis vaksin ini sendiri merupakan rekomendasi langsung dari World Health Organization (WHO) kepada tiap-tiap negara, tidak terkecuali Indonesia.

Manfaat Pemberian Vaksin Influenza
Data menunjukkan sekitar 20% anak-anak dan 5% dewasa di seluruh dunia mengalami infeksi influenza A atau B yang simtomatik setiap tahun. Gejala yang timbul tidak hanya flu & batuk melainkan diikuti atau dapat diperparah dengan adanya komplikasi atau penyakit penyerta yaitu; demam tinggi (hiperpireksia), kejang, bronkiolitis, miositis, pneumonia, asma, jantung bawaan, penyakit defisiensi imun, penyakit ginjal kronik, hemoglobinopati dan kelainan metabolik. Oleh karena itu, pemberian vaksin influenza pada Buah Hati bertujuan untuk mencegah influenza berat dan komplikasi yang mungkin timbul bersamaan atau nantinya.

Cara Pemberian Vaksin
Ada 2 metode pemberian vaksin influenza yaitu melalui suntik/injeksi dan spray pada hidung. Perbedaan antara kedua metode pemberi vaksin tersebut yaitu; vaksin yang diberikan melalui injeksi mengandung virus yang tidak aktif atau mati. Sedangkan vaksin melalui spray hidung berisi virus hidup yang lemah. Biasanya setelah pemberian vaksin tubuh segera akan merasakan reaksi membentuk benteng pertahanan (imun) yang siap melawan virus flu.

Tanpa Pemberian Vaksin
Pemberian vaksin influenza mungkin lebih diperlukan untuk Buah Hati yang kondisinya tergolong mudah sakit karena imunitasnya rendah. Untuk mendukung Buah Hati agar bisa membangun imunitas sendiri terhadap flu seiring berjalannya waktu, pastikan keluarga Moms menjaga perilaku hidup sehat, konsumsi gizi empat sehat lima sempurna, serta menghindari hal-hal penyebab penyakit. Moms bisa percayakan bodrexin Flu & Batuk untuk meredakan gejala flu dan batuk Buah Hati! bodrexin Flu & Batuk tersedia 2 varian yaitu untuk flu dan batuk berdahak serta flu dan batuk tidak berdahak dan memiliki rasa jeruk manis yang disukai anak-anak!

  BACA JUGA

Mengintip Manfaat Kandungan bodrexin Untuk Meringankan Flu dan Batuk Anak

Memilih obat flu dan batuk untuk anak bukanlah hal yang bisa dilakukan dengan sembarangan. Hal utama yang harus Bunda perhatikan adalah kandungan bahan yang ada di dalamnya.

Artikel16/11/2020

Bunda, Yuk Bedakan Antara Sakit Pilek dan Flu Serta Batuk Biasa dengan yang Terpapar COVID-19

penting sekali untuk bedakan antara sakit pilek dan flu serta batuk biasa dengan yang terpapar COVID-19. Apa saja, ya?

Artikel26/10/2020

Solusi Saat Buah Hati Terserang Flu dan Batuk

Selain dengan berbagi informasi dengan saudara, teman, dan mengonsultasikannya langsung dengan dokter, simak beberapa tips yang juga bisa Bunda lakukan berikut ini.

Artikel21/10/2020